Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pemberian dukungan sosial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksprimen dengan design one group pretest postest. Sampel diperoleh sebanyak 29 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang sebelumnya sudah divalidasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan analisis statistik deskriptif, nilai rata rata peneraan pemberian dukungan sosial adalah 89,17 (kategori yang sangat baik), nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi perbandingan sebelum penerapan pemberian dukungan sosial adalah 50,69 (katogori kurang) dan nilai rata-rata sesudah pemberian dukungan sosial setelah penerapan pemberian dukungan sosial adalah 74,71 (kategori baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan paired sampel test (SPSS22) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya. Artinya, terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara pemberian dukungan sosial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, dimana nilai rata-rata indeks N-gain Adalah 0,30 (kategori sedang).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025