Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media canva pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang diberikan terhadap 15 orang siswa kelas VII-A di MTs Al Mabrur Bone Raya sebagai subjek penelitian. Penelitian terlaksana sebanyak dua siklus dengan mengikuti tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran problem based learning berbantuan media canva. Hal ini diperoleh sesudah diterapkan tindakan lanjutan untuk perbaikan proses belajar mengajar pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan observasi seluruh aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh minimal aspek baik dan sangat baik, observasi seluruh aktivitas siswa memperoleh minimal aspek baik dan sangat baik, dan hasil belajar matematika siswa juga memperoleh peningkatan sebesar 30% menjadi 86,67% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada materi bentuk aljabar.
Copyrights © 2025