Penelitian ini membahas tentang peran shadow teacher dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak berkebutuhan khusus dengan gangguan speech delay di TPP Al-Firdaus Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dan strategi shadow teacher dalam meningkatkan kemampuan berbicara Anak Berkebutuhan Khusus speech delay di TPP Al-Firdaus Surakarta. Peran shadow teacher dipilih karena dinilai mampu memberikan informasi dan pengetahuan yang mendalam kepada peneliti terkait dengan apa saja peran shadow teacher terutama dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak berkebutuhan khusus dengan gangguan speech delay. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utamanya adalah lembar wawancara. Sumber data diperoleh dari 1 shadow teacher kelas Pre K2B. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data model interaktif menurut Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan oleh peneliti, bahwa studi kasus yang telah dilaksanakan membuktikan bahwa keberadaan seorang shadow teacher sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak berkebutuhan khusus dengan speech delay yang dapat dilihat dari peran aktif dari shadow teacher dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus speech delay, serta keberhasilannya dalam memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada subjek.
Copyrights © 2025