JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 1 (2025): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Penilaian Efektivitas Prinsip Tafsir Tarbawi dalam Pembelajaran Fiqih Muamalah

Mirza, Iskandar (Unknown)
Nurjamilah, Mila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

The purpose of this study is to examine: 1) The effectiveness of learning tafsir tarbawi in Fiqh Muamalah education. 2) The implementation of simple Islamic education learning in tafsir tarbawi courses. The research method used is qualitative, with data collected through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique includes data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The study results indicate that: 1) The design of the effectiveness steps in learning tafsir tarbawi for Fiqh Muamalah education involves an agreement between lecturers and students regarding the alignment between the Semester Learning Plan and the learning objectives, ensuring that the learning design is structured to be effective and efficient. 2) The implementation of learning shows that the effectiveness of tafsir tarbawi education in Fiqh Muamalah is optimized when active discussion/debate and problem-based learning strategies are applied. The learning materials in the tafsir tarbawi course also incorporate values of religious simplicity. 3) The assessment of the effectiveness of continuous tafsir tarbawi learning in Fiqh Muamalah education cannot be determined solely by the final results but must be evaluated based on the entire learning process from beginning to end to obtain more comprehensive outcomes.ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Efektivitas pembelajaran tafsir tarbawi dalam pendidikan Fiqh Muamalah. 2) Implementasi pembelajaran pendidikan Islam sederhana dalam mata kuliah tafsir tarbawi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Desain langkah-langkah efektivitas pembelajaran tafsir tarbawi pada mata kuliah Fiqih Muamalah melibatkan kesepakatan antara dosen dan mahasiswa terkait keselarasan antara Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan tujuan pembelajaran, sehingga desain pembelajaran yang disusun dapat berjalan dengan efektif dan efisien. 2) Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran tafsir tarbawi dalam Fiqh Muamalah lebih optimal jika diterapkan strategi pembelajaran diskusi/debat aktif dan pembelajaran berbasis masalah. Materi pembelajaran pada mata kuliah tafsir tarbawi juga memasukkan nilai-nilai kesederhanaan dalam beragama. 3) Penilaian efektivitas pembelajaran tafsir tarbawi berkelanjutan pada mata kuliah Fiqh Muamalah tidak dapat ditentukan hanya dari hasil akhir saja, tetapi harus dievaluasi berdasarkan keseluruhan proses pembelajaran dari awal hingga akhir untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...