Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kreatif siswa yang masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari pembelajaran membatik siswa masih menggunakan gambar batik bercorak untuk mewarnai sehingga membatasi kreativitas siswa sehingga siswa cenderung meniru dan keterbatasan bahan serta bahaya bagi siswa karena menggunakan lilin dan lilin. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana kegiatan membatik teknik ecoprint dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan memungkinkan mereka menghasilkan motif yang unik dan beragam. Kreativitas yaitu memunculkan ide-ide baru yang sangat penting dalam teknik ecoprint sehingga muncul imajinasi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan bahan alam pada kegiatan membatik dengan teknik ecoprint dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD Negeri Lampeuenerut dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa kreativitas siswa berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 27 siswa, kreativitas siswa berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 4 siswa, dan kreativitas siswa mulai berkembang (MB) sebanyak 1 siswa dari 32 siswa dalam melaksanakan kegiatan membatik teknik ecoprint. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan bahan alam dalam kegiatan membatik teknik ecoprint dapat meningkatkan kreativitas siswa. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kreativitas siswa di sekolah dasar.
Copyrights © 2025