Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar
Vol. 3 No. 2 (2024): JTPD

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SDN 64/IV Kota Jambi sebagai Fondasi Pendidikan Indonesia

Ade Wahyuni, Zahra (Unknown)
Putri Utami, Tiara (Unknown)
Indriyani, Putri (Unknown)
Nabela, Uli (Unknown)
Eka Saputra, Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD N 64/IV Kota Jambi sebagai fondasi pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memaparkan data hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara dan observasi dengan informan yaitu guru kelas IV. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SD N 64/IV Kota Jambi sebagai fondasi pendidikan Indonesia menggunakan berbasis proyek melalui tema kearifan lokal yang diimplementasikan dalam bentuk tarian kreasi daerah jambi. Ada empat tahapan yang dilakukan diantaranya tahap pengenalan, tahap kontekstualisasi, tahap aksi, serta tahap refleksi dan tindak lanjut. Namun dalam kegiatan implementasi ini tidak terlepas dari faktor pendukung dan faktor penghambatnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtpd

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar publishes articles on research and theoretical studies in the field of basic education: Teaching and Learning Science, Social Sciences, Mathematics, Education for Citizenship, Indonesian Language, Cultural Arts and Crafts, Local Content in Primary Schools / Madrasas ...