Kementerian Pendidikan Indonesia melakukan pembaruan terhadap sistem pembelajaran dengan menetapkan Kurikulum Merdeka yang diberlakukan pada seluruh jenjang Lembaga Pendidikan di Indonesia. Adanya perubahan dalam proses pembelajaran secara langsung sebagian siswa merasa perlu membutuhkan waktu dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan yang diharapkan, karena dapat berpengaruh terhadap keyakinan pada kemampuan berpikir siswa dalam memahami materi yang diberikan. Penelitian dilaksanakan bertujuan agar melihat adakah hubungannya efikasi diri dengan penyesuaian diri pada siswa SMA. Jumlah subjek sebanyak 89 responden dengan menggunakan teknik probability sampling sistem random sampling. Perolehan hasil dari menganalisis data memperlihatkan terdapat hubungan yang positif antara penyesuaian diri dengan efikasi diri. Kesimpulan pada hipotesis ini menunjukkan jika terdapat efikasi diri yang tinggi akan meningkatkan penyesuaian diri pada siswa SMA, sebaliknya makin rendah taraf efikasi diri maka penyesuaian diri pada siswa SMA akan rendah.
Copyrights © 2025