Keberagaman budaya di Indonesia merupakan kenyataan historis dan sosial yang tidak dapat disangkal oleh siapa pun. Keunikan budaya yang beragam sebagai sebuah tradisi yang hidup dalam masyarakat dan daerah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Penelitian kualitatif dilaksanakan untuk membangun pengetahuan melalui tersebut memberikan implikasi pola pikir, tingkah laku dan karakter pribadi masing-masing pemahaman dan penemuan. Hasil dari implementasi kebijakan pendidikan multikultural yaitu memberikan pemahaman ke peserta didik tentang Urgensi perbedaan dalam hal kesukuan ditinjau dari ilmu agama yang dipelajari di Madrasah yaitu agar saling mengenal, Kedua interaksi yang terjadi di Madrasah pasti kadang menimbulkan perselisihan tetapi tidak antar suku akan tetapi dikarenakan kesalahpahaman maka kebijakan yang dilakukan pihak sekolah adalah dengan mempertemukan kedua belah pihak agar bermaaf-maafan, ketiga jika terjadi perselisihan contohnya maka ada konsekuensi pembinaan yang diberikan oleh sekolah. Kebijakan pendidikan Islam multikultural menurut mencakup langkah-langkah untuk menyatukan antara prinsip pokok yang terkait dengan konsep pendidikan Islam multikultural dengan kebijakan dalam sebuah komunitas pendidikan tertentu yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, toleran, dan menghargai keragaman budaya serta keyakinan.
Copyrights © 2025