JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Implementasi Kebijakan Pendidikan Islam Multikultural di Madrasah Aliyah Raadhiyatan Mardhiyyah Putra Balikpapan

Umam, Muhammad Aminul (Unknown)
Rahman, Muhammad Rezza Nur (Unknown)
Qodriyah, Lailatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2025

Abstract

Keberagaman budaya di Indonesia merupakan kenyataan historis dan sosial yang tidak dapat disangkal oleh siapa pun. Keunikan budaya yang beragam sebagai sebuah tradisi yang hidup dalam masyarakat dan daerah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Penelitian kualitatif dilaksanakan untuk membangun pengetahuan melalui tersebut memberikan implikasi pola pikir, tingkah laku dan karakter pribadi masing-masing pemahaman dan penemuan. Hasil dari implementasi kebijakan pendidikan multikultural yaitu memberikan pemahaman ke peserta didik tentang Urgensi perbedaan dalam hal kesukuan ditinjau dari ilmu agama yang dipelajari di Madrasah yaitu agar saling mengenal, Kedua interaksi yang terjadi di Madrasah pasti kadang menimbulkan perselisihan tetapi tidak antar suku akan tetapi dikarenakan kesalahpahaman maka kebijakan yang dilakukan pihak sekolah adalah dengan mempertemukan kedua belah pihak agar bermaaf-maafan, ketiga jika terjadi perselisihan contohnya maka ada konsekuensi pembinaan yang diberikan oleh sekolah. Kebijakan pendidikan Islam multikultural menurut mencakup langkah-langkah untuk menyatukan antara prinsip pokok yang terkait dengan konsep pendidikan Islam multikultural dengan kebijakan dalam sebuah komunitas pendidikan tertentu yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, toleran, dan menghargai keragaman budaya serta keyakinan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...