Penelitian ini dilatarbelakangi tentang peningkatan kompetensi dan pengembangan guru yang berada di SMK Muhammadiyah Pagelaran, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru yang ada di SMK Muhammadiyah Pagelaran dan mengetahui bagaimana startegi yang di laksanakan. Penelitian ini menggunakan metode penlitian deskriptif kualitatif, untuk metode dalam pengambilan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Dalam hal kompetensi guru, Pada aspek kompetensi pedagogik dan professional terdapat indikator yang belum terpenuhi secara maksimal. Strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah dengan mengirimkan guru untuk mengikuti diklat, mewajibkan mengikuti seminar yang diselenggarakan secara offline, mengikutkan guru dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), kepala sekolah selalu memberikan motivasi kepada guru dan melakukan supervisi atau evaluasi. Upaya peningkatan dan mengembangkan profesi guru telah dilakukan tetapi strategi tersebut belum dilaksanakan dengan volume yang tinggi sehingga belum maksimal.
Copyrights © 2025