JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Isyarat untuk Penyandang Disabilitas Tuna Rungu Berbasis Web di SLB Negeri 2 Padang

Putra, Sean Avila (Unknown)
Zaus, Mahesi Agni (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2025

Abstract

Pendidikan adalah hak setiap individu, termasuk bagi siswa tunarungu. Bagi mereka, bahasa isyarat bukan sekadar alat komunikasi, tetapi juga jembatan utama dalam memahami pelajaran dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Sayangnya, metode pembelajaran konvensional yang masih banyak digunakan, seperti buku panduan dan pengajaran tatap muka, sering kali kurang aksesibel dan kurang efektif bagi mereka.Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Media PembelajaranInteraktif Bahasa Isyarat berbasis web yang dapat digunakan di SLB Negeri 2 Padang. Pengembangan sistem ini mengikuti metode Waterfall, yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan.Sistem ini dirancang agar siswa tunarungu bisa belajar secara mandiri melalui berbagai fitur interaktif, seperti video isyarat, latihan soal, dan sistem evaluasi otomatis. Selain itu, platform ini juga memungkinkan guru, orang tua, dan kepala sekolah untuk memantau perkembangan belajar siswa secara lebih mudah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web ini dapat meningkatkan aksesibilitas pembelajaran bahasa isyarat serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan fleksibel bagi siswa tunarungu. Dengan adanya platform ini, diharapkan pembelajaran di SLB Negeri 2 Padang menjadi lebih inklusi, inovatif, dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...