JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Sistem Pembelajaran Seni Tari Menggunakan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 33 Padang

Citra, Sindi (Unknown)
Yuliasma, Yuliasma (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pembelajaran seni tari menggunakan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 33 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan alat tulis dan kamera. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembelajaran seni tari di kelas IX 7 di SMPN 33 Padang berbasis kurikulum merdeka dilakukan dengan perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan pembelajaran seni tari di kelas IX 7 SMPN 33 Padang dalam Kurikulum Merdeka disusun menggunakan modul ajar fase D untuk mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21. Perencanaan ini menekankan kebebasan eksplorasi siswa, materi esensial, serta penguatan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila. Sistem pembelajaran dirancang fleksibel dengan pendekatan Student-Centered Learning, namun implementasinya belum berjalan optimal. Selain itu, penggunaan proyek dan kegiatan kokurikuler diharapkan memperkaya pengalaman belajar agar lebih kontekstual dan bermakna Pelaksanaan pembelajaran seni tari di kelas IX 7 SMPN 33 Padang dalam Kurikulum Merdeka belum berjalan sesuai harapan. Siswa seharusnya diberi kebebasan merangkai gerak tari kreasi, tetapi praktiknya masih didominasi instruksi guru. Model pembelajaran yang digunakan lebih berpusat pada guru (Teacher-Centered) daripada siswa (Student-Centered), menyebabkan siswa kurang aktif dalam eksplorasi dan kreativitas. Selain itu, nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, seperti berpikir kritis dan kreatif, belum sepenuhnya terealisasi. Kegiatan proyek dan kokurikuler juga belum efektif, sehingga pengalaman belajar masih terbatas dan kurang kontekstual. Secara keseluruhan, pelaksanaan pembelajaran ini belum optimal dalam mencerminkan prinsip Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...