JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Identification of Understory Plant Species in Places Estimated to be the Habitat of Nesolagus netscheri on Mount Singgalang and Tandikat

Situmorang, Rivaldo (Unknown)
Putri, Irma Leilani Eka (Unknown)
Pratama, Sandi Fransisco (Unknown)
Achyar , Afifatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan bawah yang ditemukan pada habitat yang diduga sebagai tempat hidup Nesolagus netscheri di Gunung Singgalang dan Tandikat, Sumatera Barat. Metode eksplorasi digunakan untuk menginventarisasi tumbuhan bawah di dua stasiun penelitian yang terletak di jalur pendakian kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Singgalang dan Tandikat, pada ketinggian antara 600-1.900 m. Identifikasi jenis dilakukan dengan bantuan aplikasi identifikasi tumbuhan dan pencatatan lokasi dengan menggunakan GPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 24 famili dengan total 49 spesies tumbuhan bawah yang teridentifikasi. Famili dengan jumlah spesies terbanyak adalah Gesneriaceae (7 spesies), diikuti oleh Rubiaceae (6 spesies) dan Araliaceae (5 spesies). Perbedaan komposisi jenis di kedua lokasi tersebut dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti aktivitas vulkanik, topografi, pH tanah dan kelembaban udara. Beberapa spesies dari famili Gesneriaceae, seperti Crantzia cristata, Kohleria spicata, dan Cyrtandra paludosa, memiliki potensi sebagai sumber pakan N. netscheri di alam. Penelitian ini memberikan wawasan tentang keanekaragaman tumbuhan bawah dan potensi vegetasi sebagai pakan satwa endemik langka, sehingga dapat menjadi dasar dalam upaya konservasi spesies N. netscheri dan ekosistem hutan pegunungan Sumatera

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...