Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk, (1) menjelaskan proses pengembangan bahan ajar elektronik fisika berbasis aplikasi dan quiz wordwall, (2) menjelaskan kualitas bahan ajar elektronik fisika berbasis aplikasi dan quiz wordwall dalam hal kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan adalah model DDD-E yang terdiri dari 4 langkah yaitu Decide : menentukan tujuan pembelajaran, menentukan tema dan ruang lingkup bahan ajar dan menentukan kemampuan prasyarat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 4 Mattiro Bulu yang terdiri dari 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas produk yang dikembangkan setelah melalui tahap validasi akhir berada pada kategori valid dengan nilai validitas sebesar 0,975. Hasil analisis kepraktisan menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respons positif terhadap produk yang dikembangkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat praktis dengan 39% peserta didik yang memilih kategori sangat praktis. Hasil keefektifan diperoleh 19 peserta didik yang tuntas dengan persentase 82,61% . Implikasi dari penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang disajikan serta meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelaaran dalam produk yang telah dibuat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025