Mengetahui peningkatan pencapaian belajar siswa dalam Pendidikan Pancasila dengan menerapkan model Numbered Heads Together (NHT) di kelas IV SDN 02 Aur Kuning Kota Bukittinggi adalah sasaran dari riset ini. Riset ini adalah sebuah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. RIset ini berlangsung dalam dua siklus, mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Peneliti mengumpulkan data yang relevan dengan pencapaian belajar yang dihasilkan dari penerapan model Numbered Heads Together. Metode pengumpulan data mencakup asesmen dan non-asesmen. Riset ini melibatkan seorang guru kelas sebagai pengamat, peneliti sebagai pelaksana, dan 24 siswa kelas IV di SDN 02 Aur Kuning Kota Bukittinggi. Temuan riset menunjukkan adanya peningkatan pada berbagai aspek. Nilai rata-rata modul pembelajaran di Siklus I tercatat 87,45% (B), yang kemudian meningkat menjadi 95,83% (SB) di Siklus II. Selain itu, kinerja rata-rata guru juga mengalami peningkatan, dari 84,25% (B) di Siklus I menjadi 93,75% (SB) pada Siklus II. Rata-rata pencapaian belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 81,25% (B) di Siklus I menjadi 93,75% (SB) di Siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang semula 74,42 (K) di Siklus I, naik menjadi 89,43 (B) pada Siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together (NHT) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SD Negeri 02 Aur Kuning Kota Bukittinggi.
Copyrights © 2025