JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Pemberian Terapi Relaksasi Benson terhadap Penurunan Nyeri Haid (Dismenore) Pada Mahasiswi Tingkat Akhir Dikampus Universitas Widya Nusantara

Triana, Ade Wanda Eka (Unknown)
Siauta, Viere Allanled (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2025

Abstract

Dismenore merupakan gejala yang paling umum terjadi, yang dapat menyebabkan kram perut dan kesulitan fisik lainnya. Salah satu metode relaksasi yang dapat digunakan untuk mengatasi ketidaknyamanan dismenore adalah terapi relaksasi Benson. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen One Group Pretest-Postest dengan jumlah populasi 126 orang dan jumlah sampel sebanyak 13 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus Ari Kunto. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon match Paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa tingkat akhir hanya 2 mahasiswa (20,9%) yang mengalami nyeri ringan, 8 mahasiswa (57,1%) mengalami nyeri sedang dan 3 mahasiswa (21,5%) mengalami nyeri berat terkontrol. Setelah diberikan terapi relaksasi benson, sebanyak 9 mahasiswi (65,5%) mengalami penurunan nyeri menstruasi dan 4 mahasiswi (34,5%) mengalami penurunan nyeri menstruasi ringan. Hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji Wilcoxon match Paire-test. Ada pengaruh pemberian terapi relaksasi benson terhadap penurunan nyeri haid (Dismenore) pada mahasiswi tingkat akhir di Universitas Widya Nusantara. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswi Universitas Widya Nusantara, dapat menggunakan terapi non farmakologi ini untuk mengurangi nyeri haid yang dapat dilakukan secara mandiri tanpa efek samping.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...