JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Perbandingan Strategi Pembelajaran Genius Learning dan Strategi Pembelajaran Demonstrasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP

Isnawati, Isnawati (Unknown)
Samron, Samron (Unknown)
Arua, Afudin La (Unknown)
Windani, Irawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu: 1) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran genius learning, 2) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran demonstrasi, 3) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran genius learning dan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu atau quasi-experiment dengan desain penelitian True Experimental dengan bentuk Pre test Post test Control Group Design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran genius learning, 2) Terdapat pengaruh yang yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran demonstrasi, 3) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran genius leraning dan kelas yang diajar dengan strategi pembelajaran demonstrasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...