Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 8, No 1 (2025): January 2025

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING

Panjaitan, Darma Ebson (Unknown)
Gultom, Syawal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Sipahutar ditinjau dari indikator pemecahan masalah matematis setelah diberikan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII di SMP Negeri 4 Sipahutar yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes meliputi kemampuan pemecahan masalah matematis. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Teorema Phytagoras di kelasVIII SMP N 4 Sipahutar meningkat setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Hal ini ditunjukkan melaui hasil pre-test dan post-test. (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terjadi pada masing-masing indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, ditinjau dari hasil analisis Presentasi Penguasaan Siswa (PPS) pada hasil pre-test dan post-test. (3) Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketikta mengerjakan soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kesalahan karena tidak melakukan pemeriksaan kembali sehingga siswa menuliskan kesimpulan dengan tidak lengkap.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...