Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Sipahutar ditinjau dari indikator pemecahan masalah matematis setelah diberikan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII di SMP Negeri 4 Sipahutar yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes meliputi kemampuan pemecahan masalah matematis. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Teorema Phytagoras di kelasVIII SMP N 4 Sipahutar meningkat setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Hal ini ditunjukkan melaui hasil pre-test dan post-test. (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terjadi pada masing-masing indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, ditinjau dari hasil analisis Presentasi Penguasaan Siswa (PPS) pada hasil pre-test dan post-test. (3) Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketikta mengerjakan soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kesalahan karena tidak melakukan pemeriksaan kembali sehingga siswa menuliskan kesimpulan dengan tidak lengkap.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025