Minat membaca perlu ditanamkan sejak usia dini dan pengembangan secara berkala. Peran krusial pendidikan terletak pada penanaman dan pengembangan minat baca pada para siswa. Masalah yang berkembang di lapangan terkait minat baca adalah kurangnya penggunaan media buku bacaan yang menarik minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media pop up book dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperiment model non equivalent control group design. Dua kelompok penelitian dipilih secara non-acak. Objek penelitian adalah media Pop Up Book Seri Kekuatan Udara (X) terhadap kemampuan Meningkatkan Minat Baca (Y). Populasi berjumlah 50 siswa dengan masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data melalui pengisian angket minat baca. Analisis data menggunakan analisis regresi (uji t). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan (1) terdapat peningkatan minat baca yang signifikan rata-rata kelas eksperimen dengan pemanfaatan media pop up book sebesar 36,1% (2) terdapat peningkatan minat baca menggunakan teknik konvensional sebesar 18,8% (3) penggunaan media pop up book dalam kategori efektif sesuai dengan rata-rata uji n-gain sebesar 72,9% sedangkan penggunaan teknik konvensional dalam kategori tidak efektif dengan rata-rata uji n-gain 39,2% dalam meningkatkan minat baca siswa.
Copyrights © 2024