El-Furqania : Jurnal Ushuluddin dan Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol. 11 No. 01 (2025): Februari

Kearifan Budaya Lokal dan Relevansinya dengan Nilai-nilai Pendidikan Islam di Era Digital; Analisis Tafsir al-Qur'an Pendekatan Tematik

Kahar, Abd (Unknown)
Zarkasyi, Ahmad Zarkasyi (Unknown)
Rakib, Abdur (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan paradigm budaya dan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kajian tafsir al-qur'an pendekatan tematik. penelitian ini berjenis penelitian pustaka (libraryresearch) yang yang menggunakan data kualitatif berupa kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Tafsir al-Qur'an yang akan digunakan sebagai sumber data adalah tafsir adabi-ijtima'i menggunakan metode mawdhu'i (tematik). Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis teks dengan pendekatan explanatory analysis, yaitu mendeskripsikan struktur kisah dalam kitab-kitab tafsir yang diteliti dan menganalisis hubungan struktur kisah dengan tujuan penelitian. Berdasar analisis sumber temua, maka disimpulkan bahwa nilai-nilai kearifan budaya local dalam kajian pendekatan tafsir tematik, antara lain; a) berbakti kepada orang tua yang terdapat dalam; QS Al- Baqarah:83, Al-Nisa':36, Al-An'am:151, dan Al-Isra':23. b) Menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda yang tertuang dalam surat al-isra ayat 23. c) saling memberi dan bersedekah yang tertuang dalam QS Al-Baqarah:261, d) tradisi silaturahmi sebagaimana QS Ali 'Imran:133-134. Kata kunci: Budaya Local, Nilai Pendidikan, Tafsir al-Qur'an, Tematik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elfurqania

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal EL-FURQANIA Vol.04 No.02 Agustus 2018 yang saat ini ada di tangan pembaca menampilkan sejumlah artikel yang merupakan bukti atau hasil “pencarian” para penulis untuk memahami hubungan Ushuluddin dan Ilmu-ilmu Keislaman dengan pranata sosial berdasarkan concern keilmuan ...