Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan sejak dini. Salah satu pendekatan yang diterapkan adalah melalui pengenalan makanan dan minuman tradisional sebagai bagian dari budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana program P5 di PAUD dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak-anak melalui eksplorasi dan pengalaman langsung dengan kuliner tradisional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi terhadap kegiatan P5 di TK Eben Haezer Salatiga dan dilakukan sebagai pengabdian kepada masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak lebih mengenal, menghargai, dan memiliki ketertarikan terhadap makanan serta minuman tradisional, yang berkontribusi pada penguatan identitas budaya dan nasionalisme mereka. Dengan demikian, program P5 di PAUD menjadi strategi efektif dalam menanamkan rasa cinta tanah air melalui media kuliner tradisional.
Copyrights © 2024