Center of Economic Students Journal (CSEJ)
Vol. 8 No. 1 (2025): January-Maret (2025)

Membangun Manajemen dengan Kegiatan Ekstrakurikuler yang Berbasis Pengembangan Karakter Siswa SMK Muhammadiyah Kutowinangun

Rismawati (Unknown)
Marsudi Lestari Ningsih (Unknown)
Novianto Eko Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan manajemen dengan kegiatan ekstrakurikuler yang berbasis pengembangan karakter siswa. Manajemen yang berbasis pengembangan karakter melibatkan pendayaguanaan sumberdaya yang ada dalam lingkup Pendidikan sehingga dapat menumbuhkan dan membentuk karakter yang psoitif kepada para peserta didik yang berada di lingkungan sekolah. Manajemen pengembangan karakter ini berfokus kepada pengembnagan karakter serta nila-nilai yang positif peserta didik di lingkungan sekolah, agar peserta didik tersebut menjadi pribadi berkualitas yang memiliki sikap positif, moral yang kuat serta kemampuan beradaptasi pada lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru serta para siswa didik. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu tehnik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menyetakan bahwa pada prinsipnya pengembangan karakter siswa SMK Muhammadiyah Kutowinangun berdasarkan kegiatan ekstrakurikuler yang telah dilaksanakan berdasarkan prinsip manajemen secara efektif terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta pengendalian atau evaluasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CSEJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

CESJ : Center Of Economic Students Journal is an economics journal/article published and updated on a regular basis by students from the Faculty of Economics at UMI that aims to serve as a place to accommodate ideas, scientific studies, and studies, as well as a conduit of information for academic ...