PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Vol 8, No 2 (2024): Volume 8 Nomor 2 Oktober 2024

Pengaruh Media Pembelajaran Focusky Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng di MTs Negeri 9 Kuningan Kelas VII

Inayah, Khoirin (Unknown)
Ropiah, Opah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran focusky terhadap kemampuan menyimak dongeng di MTs Negeri 9 Kuningan kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Analisis data yang digunakan adalah uji validasi ahli, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil belajar siswa pada kemampuan menyimak dongeng mengalami peningkatan dilihat dari nilai posttest banyak yang sudah melebihi KKM. Sebelum menggunakan media pembelajaran focusky, siswa yang mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dari total 28 siswa, hanya ada 7 siswa dengan persentase 25%. Sedangkan setelah menggunakan media pembelajaran focusky, siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) berjumlah 19 siswa dengan persentase 67,85%. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 atau (0,000 < 0,05). Oleh karena itu Ha diterima dan H₀ ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran focusky  mempengaruhi hasil belajar siswa dalam kemampuan menyimak dongeng di MTs Negeri 9 Kuningan kelas VII, karena terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kemampuan menyimak dongeng sebelum dan sesudah menggunakan Media pembelajaran Focusky.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...