Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH RAPPANG

Dewi, Anita Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Rappang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan menulis siswa akibat keterbatasan kosakata, kesulitan dalam mengorganisasi ide, serta kurangnya imajinasi dalam mendeskripsikan objek secara detail. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design, yang melibatkan dua kelompok siswa: kelompok eksperimen yang menggunakan media audiovisual dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan skor rata-rata 33.7%, sedangkan kelompok kontrol hanya 17.2%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia guna meningkatkan keterampilan menulis siswa secara lebih efektif dan menarik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...