Pringgitan
Vol 5, No 2 (2024): Pringgitan

INTEGRASI KONSEP ECO-EDU TOURISM DALAM MENDUKUNG PARIWISATA BERKELANJUTAN

Satriawati, Zahrotun (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2025

Abstract

AbstrakPariwisata berkelanjutan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi over-tourism, yang semakin marak akibat pariwisata massal. Fenomena ini menimbulkan ancaman signifikan terhadap lingkungan. Konsep Eco-Edutourism muncul sebagai pendekatan yang mengintegrasikan ekologi, pariwisata, dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi konsep Eco-Edutourism dalam mendukung pariwisata berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka terhadap penelitian sebelumnya yang dikombinasikan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil temuan menunjukkan bahwa integrasi konsep Eco-Edutourism dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencapai pariwisata berkelanjutan melalui peningkatan kesadaran lingkungan, pemberdayaan masyarakat lokal, serta pelestarian sumber daya alam dan budaya. Integrasi ini dilakukan melalui pengelolaan destinasi wisata yang ramah lingkungan, pengembangan program edukasi berbasis kearifan lokal, serta keterlibatan aktif masyarakat dalam pengelolaan pariwisata. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan model implementasi Eco-Edutourism yang efektif dan berkelanjutan guna mendukung pariwisata berkelanjutan di berbagai destinasi wisata di Indonesia.Kata Kunci: Eco-Edutourism; Pariwisata Berkelanjutan; Konservasi LingkunganAbstractSustainable tourism is one of the solutions to overcome over-tourism, which is becoming increasingly prevalent due to mass tourism. This phenomenon poses a significant threat to the environment. The concept of Eco-Edutourism has emerged as an approach that integrates ecology, tourism, and education. This study aims to analyze the integration of the Eco-Edutourism concept in supporting sustainable tourism. The research method used is a literature review of previous studies combined with a qualitative descriptive analysis. The findings indicate that the integration of the Eco-Edutourism concept can make a significant contribution to achieving sustainable tourism by increasing environmental awareness, empowering local communities, and preserving natural and cultural resources. This integration is carried out through the management of environmentally friendly tourist destinations, the development of educational programs based on local wisdom, and the active involvement of communities in tourism management. The implication of this study is the need to develop an effective and sustainable Eco-Edutourism implementation model to support sustainable tourism across various tourist destinations in Indonesia.Keywords: Eco-Edutourism; Sustainable Tourism; Environmental Conservation

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pringgitan

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Pringgitan sebagai jurnal ilmu pariwisata diharapkan menjadi public sphere dalam mendesiminasikan karya ilmiah berbagai kajian aspek kepariwisataan terutama pada bidang: Tourism; Hospitality; MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition); Tourism Destination; Communication Tourism; Management ...