Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 6, No 2 (2024): Metaedukasi

Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Adaptasi Hewan

Navilah, Nahla (Unknown)
Nuryanti, Ade Yeti (Unknown)
Farida, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Keterampilan berpikir kritis adalah salahsatu kemampuan yang harus dimiliki siswa di zaman modern ini maka dari itu pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Socio Scientific Issue dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam materi adaptasi hewan yang di laksanakan di sekolah dasar AZ-Zakiyah Bandung . penelitian ini bertujuan untuk membuat alat penilaian yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keterampilan berpikir kritis dan untuk mengevaluasi kepraktisannya, validitas, dan reliabilitasnya pada materi adaptasi hewan Penelitian ini menggunakan indiktaor berpikir kritis yaitu membuat 10 soal pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R D). Studi pendahuluan terdiri dari dua tahap: studi lapangan dan studi literatur. Tahap pengembangan terdiri dari beberapa bagian: konstruksi instrumen; validitas ahli, hasil dari realibilitas ada 7 soal yang layak di gunakan danĀ  soal perlu di revisiĀ 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

metaedukasi

Publisher

Subject

Education Transportation Other

Description

Metaedukasi mempublikasikan hasil penelitian pendidikan mencakup Evaluasi Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Media ...