Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi siswa kelas V SD, khususnya pada materi perubahan wujud benda. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang mempelajari materi perubahan wujud benda. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi yang dinilai oleh validator media dan materi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi standar pendidikan dan teknis yang diperlukan dan memperoleh skor evaluasi sebesar 88% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Validasi dari para ahli menunjukkan bahwa media interaktif berbasis PowerPoint ini sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Evaluasi akhir dari dosen saat sesi presentasi juga mendukung efektivitas media ini. Penelitian ini berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dengan menyediakan alat pembelajaran yang inovatif dan menarik.
Copyrights © 2025