Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain peran dengan menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Randurejo 4. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di TK Dharma Wanita Randurejo 4 yang berjumlah sebanyak 12 anak. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Randurejo 4 dapat di tingkatkan memalui metode bermain peran menggunakan boneka tangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus diperoleh hasil sebesar 35%, hasil tersebut kemudian naik menjadi 58% pada siklus dan pada siklus II diperoleh hasil sebesar 94%, hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun meningkat melalui metode bermain peran menggunakan media boneka tangan.
Copyrights © 2025