Madaniyah: Terciptanya Insan Akademis Berkualitas Dan Berakhlak Mulia
Vol 15 No 1 (2025): Edisi Januari 2025

Pengaruh Metode Murattal Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V SD IT AN-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang

srifariyati, Srifariyati (Unknown)
Solikhan, Adib (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Metode Murattal adalah membaca Al-Qur’an secara benar, sesuai dengan kaidah-kaidah Tajwid disertai dengan irama dan suara yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji adakah pengaruh metode murottal Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V SD IT An-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah 30 siswa kelas V SD IT An-Nahdliyah. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, dokumentasi, dan angket dengan analisis statistik deskriptif dan analisis linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya pengaruh metode murottal terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V SD IT An-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang adalah sebesar 2,2%. Hasil tersebut diperoleh dari 0,022 x 100% = 2,2%. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif metode murottal terhadap kemampuan membaca al-qur’an siswa kelas V SD IT An-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang sebesar 2,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan sekolah dapat lebih mengoptimalkan lagi metode murottal secara konsisten guna mendukung kemampuan dan kelancaran membaca Al-Qur’an siswa khususnya untuk kelas V SD IT An-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

madaniyah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Madaniyah merupakan salah satu jurnal ilmiah dari STIT Pemalang yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan, sosial dan keagamaan. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang berkembang. Jurnal ini ...