Metode Murattal adalah membaca Al-Qur’an secara benar, sesuai dengan kaidah-kaidah Tajwid disertai dengan irama dan suara yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji adakah pengaruh metode murottal Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V SD IT An-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah 30 siswa kelas V SD IT An-Nahdliyah. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, dokumentasi, dan angket dengan analisis statistik deskriptif dan analisis linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya pengaruh metode murottal terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V SD IT An-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang adalah sebesar 2,2%. Hasil tersebut diperoleh dari 0,022 x 100% = 2,2%. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif metode murottal terhadap kemampuan membaca al-qur’an siswa kelas V SD IT An-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang sebesar 2,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan sekolah dapat lebih mengoptimalkan lagi metode murottal secara konsisten guna mendukung kemampuan dan kelancaran membaca Al-Qur’an siswa khususnya untuk kelas V SD IT An-Nahdliyah Mereng Warungpring Pemalang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025