Student Journal of Educational Management
VOLUME 5 NOMOR 1 JUNI 2025

Implementasi Budaya Teamwork Pada Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo

Djiuwa, Rahmawati (Unknown)
Arwildayanto (Unknown)
Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengimplementasian budaya teamwork yang merujuk pada proses penerapan nilai-nilai, prinsip, dan praktik yang mendukung kolaborasi efektif di antara anggota tim dalam suatu organisasi. Budaya teamwork menciptakan atmosfer kerja yang positif, dimana anggota tim saling mendukung dan berkontribusi untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai budaya teamwork, (2) strategi membangun budaya teamwork, dan (3) habituasi nilai budaya teamwork yang ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan credibility atau derajat kepercayaan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai teamwork terbentuk dari kesadaran individu yang hidup dalam organisasi, nilai-nilai ini terdiri dari kekompakan, menghargai pendapat dan memberikan dorongan/motivasi; (2) Strategi membangun budaya teamwork terdiri atas dua yaitu komunikasi yang efektif dan team building; serta (3) Habituasi nilai budaya teamwork dilakukan dengan sosialisasi dan penerapan nilai budaya teamwork, serta capaian dari habituasi nilai budaya teamwork yang dianut di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SJEM

Publisher

Subject

Education

Description

The aims of this Stdent Journal of Educational Management is to provide a venue for academicians, researchers and practitioners for publishing the original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: ...