Praktik Kerja Lapangan (PKL) memberikan pengalaman langsung dalam pengelolaan perpustakaan, sebagaimana dilakukan di Perpustakaan Nurul Ilmi, SPF SDI Perumnas Makassar. Artikel ini menganalisis pengadaan koleksi dan pelaksanaan kelas literasi sebagai bagian dari kegiatan PKL. Tugas utama meliputi pengumpulan koleksi perpustakaan, seperti menyortir buku, memasukkan data ke dalam aplikasi SLiMS, dan membuat nomor panggilan, serta menyelenggarakan kelas literasi untuk menumbuhkan minat membaca siswa. Perpustakaan telah mengadopsi SLiMS untuk otomatisasi perpustakaan, meskipun menghadapi tantangan seperti pemanfaatan perpustakaan yang rendah, kenyamanan ruang baca yang tidak memadai, dan konektivitas internet yang tidak memadai. Untuk mengatasi masalah ini, rekomendasinya meliputi pengadaan koleksi yang lebih beragam, peningkatan fasilitas ruang baca, kerja sama dengan guru, dan penyediaan akses internet. Temuan ini bertujuan untuk menjadi rekomendasi bagi pengelolaan perpustakaan sekolah yang lebih baik.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025