Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Rimbo Karambia. Masalah ini muncul diperkirakan karena rendahnya partisipasi siswa dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, dimana partisipasi siswa saat mengikuti pelajaran rendah, kurang patuh nya siswa terhadap peraturan yang ada di sekolah, banyak siswa yang kurang fokus saat pelajaran sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Partisipasi Siswa Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 16 Rimbo Karambia Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN16 Rimbo Karambia. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket, observasi dan dokumentası, Instrumen penelitian yang digunakan berupa pengisian angket yang dilaksanakanya di akhir penelitian. Teknik analisis data dengan cara: uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan partisipasi siswa (X1), disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 7,698 > 1.721 (ttabel). Artinya semakin baik partisipasi siswa (X1), disiplin belajar (X2), maka semakin baik pula hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Rimbo Karambia Kabupaten Padang Pariaman. Sebaliknya semakin buruk partisipasi siswa (X1), disiplin belajar (X2) maka semakin rendah pula hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Rimbo Karambia Kabupaten Padang Pariaman, maka Keputusan yang diambil adalah Ha diterima Ho ditolak. Maka dapat disimpulkun bahwa terdapat Pengaruh Partisipasi Siswa Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 16 Rimbo Karambia.
Copyrights © 2025