This research aims to dissect the strategy and development of the Indonesian Educational Children's Tutoring Business (Bimbapedia) in Tangerang City. The research uses qualitative methods. Data analysis techniques include SWOT Analysis, IFE Matrix Analysis, EFE Matrix Analysis, IE Matrix Analysis, SWOT Matrix, and SWOT Analysis Diagram. The research results show the IFE Matrix's strengths and weaknesses with a score of 3.89. Then in the EFE Matrix opportunities and threats with a score of 3.91. Based on the IE Matrix, the company's position in cell I shows that the appropriate strategy is growth and development (growth and build), which means this strategy is adjusted to the internal strengths of the company to take advantage of the right opportunities to gain profits for the company. Meanwhile, in the SWOT Matrix using the SO, WO, ST and WT formulas, twelve strategies are obtained. The results of the SWOT Analysis Diagram show that the company in quadrant II is implementing a product diversification strategy. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membedah strategi dan pengembangan bisnis Bimbingan Belajar Anak Pendidikan Indonesia (Bimbapedia) yang ada di Kota Tangerang. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik Analisis data meliputi Analisis SWOT, Analisis Matrisk IFE, Analisis Matrisk EFE, Analisis Matriks IE, Matriks SWOT, dan Diagram Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan pada Matriks IFE kekuatan dan kelemahan dengan skor 3,89. Kemudian pada Matriks EFE peluang dan ancaman dengan skor 3,91. Berdasarkan Matriks IE, posisi perusahaan yang berada di sel I, memperlihatkan strategi yang sesuai adalah tumbuh dan kembangkan (growth and build) yang berarti strategi ini disesuaikan dengan kekuatan dari sisi internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang yang tepat untuk mendapat keuntungan bagi perusahaan. Sedangkan pada Matriks SWOT dengan menggunakan rumus SO, WO, ST, dan WT diperoleh dua belas strategi. Adapun hasil Diagram Analisis SWOT menunjukkan bahwa perusahaan pada posisi kuadran II yaitu melakukan strategi diversifikasi produk (product diversification strategy). Kata Kunci: Analisis/Matriks SWOT, Perkembangan Bisnis, Manajemen Strategi
Copyrights © 2024