Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 4 No 1 (2025): Januari 2025

INTERAKSI SOSIAL DALAM ORGANISASI PMR (PALANG MERAH REMAJA): DAMPAK PADA KINERJA DAN MOTIVASI ANGGOTA

Al Ghifari, Ghazy (Unknown)
Thahir, Abdullah (Unknown)
Fausia, Firda (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak interaksi sosial dalam organisasi terhadap kinerja dan motivasi anggota. Subjek penelitian adalah 20 anggota aktif organisasi PMR di SMK Negeri 1 Tinambung, yang dipilih berdasarkan kriteria keaktifan dalam kegiatan organisasi selama minimal satu tahun. Penelitian ini dilakukan di lingkungan organisasi dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Teknik analisis tematik digunakan untuk mengidentifikasi pola utama dalam data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial yang sehat dan mendukung memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja dan motivasi anggota. Komunikasi yang terbuka dan koordinasi yang efektif meningkatkan efisiensi kerja tim, sementara dukungan sosial dari sesama anggota dan pembina memperkuat motivasi intrinsik serta keterlibatan emosional anggota dalam organisasi. Sebagai contoh, anggota yang mendapatkan umpan balik positif dan dukungan dari rekan setim menunjukkan peningkatan partisipasi dalam kegiatan serta inisiatif yang lebih tinggi dalam menjalankan tugas. Sebaliknya, kurangnya interaksi atau hubungan yang kurang harmonis menyebabkan hambatan komunikasi, menurunkan motivasi, dan menghambat pencapaian tujuan organisasi. Berdasarkan temuan ini, penelitian merekomendasikan agar organisasi PMR mengadakan sesi pelatihan komunikasi interpersonal, memperkuat program mentoring antara anggota senior dan junior, serta meningkatkan keterlibatan pembina dalam membangun lingkungan sosial yang positif. Upaya ini diharapkan dapat menciptakan interaksi sosial yang lebih berkualitas, sehingga berdampak langsung pada peningkatan kinerja dan motivasi anggota.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...