Metodik Didaktik
Vol 20, No 2 (2025): Metodik Didaktik Januari 2025

Pengembangan Busy Book untuk Pembelajaran Menentukan Gagasan Pokok pada Kelas IV SDN 03 Bambang

Amalia, Alviena Tazky (Unknown)
Rini, Titis Angga (Unknown)
Araf, Muh (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena siswa hanya mendapat bahan ajar berupa LKS, belum adanya kemajuan terhadap fasilitas pembelajaran di sekolah. Khususnya pada pembelajaran bahasa indonesia yang membutuhkan bahan ajar supaya siswa tidak mudah jenuh saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu siswa kelas IV SDN 03 Bambang dalam mengembangkan bahan ajar yang valid bagi ahli, praktis bagi guru dan menarik bagi siswa sebagai pengguna, khususnya pada materi menentukan gagasan pokok. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RD) dengan menggunakan pendekatan model ADDIE dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SDN 03 Bambang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif dengan perolehan data dari penyebaran angket menggunakan skala likert pada ahli dan pengguna, dengan perolehan hasil data kualitatif dari hasil observasi, wawancara, dan juga tanggapan ahli serta pengguna. Perolehan hasil akhir 90% menurut ahli materi dinilai ‘sangat valid’, ahli bahan ajar mencapai 97.6% dengan kategori ‘sangat valid’, 100% dengan kualifikasi ‘sangat praktis’ dan 99.8% dengan kualifikasi ‘sangat menarik’ bagi siswa sebagai pengguna, sehingga bahan ajar busy book dapat membantu proses pembelajaran menentukan gagasan pokok di kelas IV sekolah dasar.

Copyrights © 2025