Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil uji kepraktisan suatu media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada tahap analisis, dilakukan analisis terhadap media, kurikulum, dan materi sebagai dasar dalam merancang media yang efisien dan efektif; (2) pada tahap desain, disusun kerangka media berbasis augmented reality serta dibuat instrumen penelitian; (3) pada tahap pengembangan, dilakukan pengembangan rancangan media pembelajaran dan instrumen penelitian, yang kemudian divalidasi oleh para ahli dengan hasil sangat layak, serta dilakukan revisi berdasarkan kritik dan saran yang diberikan; (4) pada tahap implementasi, dilakukan uji coba terhadap media augmented reality, serta analisis pretest-posttest terkait keterampilan berpikir kritis dan literasi digital menggunakan uji normalitas, N-gain score, dan independent t-test; (5) pada tahap evaluasi, dilakukan revisi akhir serta analisis terhadap angket respons siswa, yang menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan produk tergolong dalam kategori praktis.
Copyrights © 2025