Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

PRAKTIKALITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Meilisa, Ranny (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil uji kepraktisan suatu media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada tahap analisis, dilakukan analisis terhadap media, kurikulum, dan materi sebagai dasar dalam merancang media yang efisien dan efektif; (2) pada tahap desain, disusun kerangka media berbasis augmented reality serta dibuat instrumen penelitian; (3) pada tahap pengembangan, dilakukan pengembangan rancangan media pembelajaran dan instrumen penelitian, yang kemudian divalidasi oleh para ahli dengan hasil sangat layak, serta dilakukan revisi berdasarkan kritik dan saran yang diberikan; (4) pada tahap implementasi, dilakukan uji coba terhadap media augmented reality, serta analisis pretest-posttest terkait keterampilan berpikir kritis dan literasi digital menggunakan uji normalitas, N-gain score, dan independent t-test; (5) pada tahap evaluasi, dilakukan revisi akhir serta analisis terhadap angket respons siswa, yang menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan produk tergolong dalam kategori praktis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...