Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan didalam kelas sangat berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh seorang guru, namun faktanya banyak guru yang dalam proses mengajarnya tidak menyesuaikan metode pembelajaran dengan materi yang disampaikan hasilnya banyak siswa yang tidak memahami materi yang disampaikan tersebut. Dalam penelitian ini penulis mencoba untuk menyesuaikan metode pembelajaran dengan materi yang disampaikan yaitu penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam upaya meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial SMAN 3 pangkep. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa persentase pemahaman siswa berdasarkan capaian nilai kriteria ketuntasan minimal pada siklus I sebanyak 51,4%, siklus II sebesar 60%. Peningkatan pemahaman siswa yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 8,6% . Selain itu, aktivitas belajar siswa yang tergambar dalam keaktifan siswa bertanya jawab pada siklus I sebesar 65,6%, untuk siklus II sebesar 77,1% . Peningkatan aktivitas belajar siswa yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 11,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran sosiologi kelas X IPS 1 SMAN 3 Pangkep
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024