Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)
Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS III UPTD SDN 60 MONCONGLOE LAPPARA

Wahyuni, Sri (Unknown)
Basri, St. Aminah (Unknown)
Rachmatiah (Unknown)
Bahri, Aliem (Unknown)
Sukmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining Siswa kelas III UPTD SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas III UPTD SDN 60 Moncongloe Lappara sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining  mengalami peningkatan baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persentase ketuntasan klasikal pada pratindakan menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal yaitu sebesar 44,54% dengan kategori sangat kurang, meningkat pada Siklus I yaitu sebesar 70,71% dengan kategori cukup, dan meningkat pada Siklus II yaitu sebesar 85% dengan kategori baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gurupencerahsemesta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Pencerah Semesta atau disingkat JGPS merupakan wadah publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Unit Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Jurnal ilmiah ini ...