Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepraktisan buku cerita anak yang pada materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar. Kepraktisan buku cerita anak sangat penting karena berdampak pada pengalaman membaca anak dan perkembangan literasi peserta didik. Buku cerita yang menarik akan lebih mungkin membujuk anak untuk membacanya dan mengembangkan minat dalam literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kepraktisan yang mengukur tiga aspek utama buku cerita anak, yaitu ketertarikan, materi, dan Bahasa. Hasil kepraktisan buku cerita anak diperoleh melalui angket respons 10 guru dan 30 siswa terhadap ketertarikan, materi, dan bahasa. Guru memberikan penilaian rata-rata sebesar 96%, menempatkannya pada interval 81%-100%, menunjukkan kategori kepraktisan yang sangat tinggi. Sedangkan siswa memberikan penilaian rata-rata sebesar 95%, juga menempatkannya pada interval 81%-100% menunjukkan kategori kepraktisan yang sangat tinggi. Rata-rata keseluruhan penilaian dari pengguna buku cerita anak adalah 95,5%, menegaskan bahwa buku ini memenuhi kriteria sangat praktis dalam pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa buku cerita anak ini sangat praktis digunakan dalam pembelajaran, dengan mendapatkan respons positif baik dari guru maupun siswa dalam aspek ketertarikan, materi, dan bahasa.
Copyrights © 2025