Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 12 No. 1 (2025)

PANCANAKA : INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN GAME VISUAL NOVEL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN

Pangestu, Yorda Aditya (Unknown)
Handayani, Aprilia Dwi (Unknown)
Jatmiko (Unknown)
Nurfahrudianto, Aan (Unknown)
Santia, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran game visual novel berbasis etnomatematika untuk sarana belajar dan adaptasi teknologi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan; tahap desain melibatkan pembuatan media pembelajaran PANCANAKA; tahap pengembangan mencakup mengukur kelayakan media pembelajaran PANCANAKA; tahap implementasi dilakukan uji coba pada kelompok kecil; dan tahap evaluasi untuk mengevaluasi pengembangan media. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan nilai 97,8% (sangat layak), validasi oleh ahli materi 77,8% (layak), dan validasi oleh praktisi 88,9% (sangat layak). Hasil respon siswa untuk kepraktisan media pada uji coba kelompok kecil menunjukkan nilai rata-rata 91,6%(sangat baik). Media pembelajaran PANCANAKA dinyatakan layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi pola bilangan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...