Self Regulated Learning Strategies merupakan bagian dari Self Regulated Learning yang biasa diartikan dengan sebutan strategi regulasi diri dalam belajar. Self Regulated Learning (regulasi diri dalam belajar) digambarkan juga sebagai strategi-strategi yang digunakan siswa untuk mengatur kognisinya serta penggunaan strategi mengelola sumber pengetahuan untuk memperoleh hasil belajarnya. Penelitian ini fokus untuk mengetahui bagaimana tingkat Self Regulated Learning Strategies pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Semarang. Menggunakan metode kuantitatif, jenis/pendekatan penelitian survey. Teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif. Populasi penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 11 Semarang, menggunakan Purposive Sampling dengan teknik pengambilan jumlah sampel dari populasi menggunakan rumus slovin didapatkan 82 sampel, alat ukur yang digunakan yaitu dengan Self Regulated Learning Strategies adaptasi dari instrumen Motivated Strategies for Learning Questionnare (MLSQ berbentuk skala likert. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini menunjukkan bahwa self regulated learning strategies pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Semarang berada pada kategori tinggi.Self Regulated Learning Strategies
Copyrights © 2023