Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 20 No 02 (2023): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Analisis Self Regulated Learning Strategies Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Semarang

Naifa Shafrinia (Universitas PGRI Semarang)
Siti Fitriana (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Self Regulated Learning Strategies merupakan bagian dari Self Regulated Learning yang biasa diartikan dengan sebutan strategi regulasi diri dalam belajar. Self Regulated Learning (regulasi diri dalam belajar) digambarkan juga sebagai strategi-strategi yang digunakan siswa untuk mengatur kognisinya serta penggunaan strategi mengelola sumber pengetahuan untuk memperoleh hasil belajarnya. Penelitian ini fokus untuk mengetahui bagaimana tingkat Self Regulated Learning Strategies pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Semarang. Menggunakan metode kuantitatif, jenis/pendekatan penelitian survey. Teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif. Populasi penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 11 Semarang, menggunakan Purposive Sampling dengan teknik pengambilan jumlah sampel dari populasi menggunakan rumus slovin didapatkan 82 sampel, alat ukur yang digunakan yaitu dengan Self Regulated Learning Strategies adaptasi dari instrumen Motivated Strategies for Learning Questionnare (MLSQ berbentuk skala likert. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini menunjukkan bahwa self regulated learning strategies pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Semarang berada pada kategori tinggi.Self Regulated Learning Strategies

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Social Sciences

Description

Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on Guidance and Counseling Islamic, Counseling Multicultural, School Counseling, Counselor Education, Child and Adolescent Counseling, Adult ...