Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Senam Otak yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Senam Otak untuk mengatasi Kejenuhan pada siswa kelas XI. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu Tes MBI, treatment, dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang dijadikan sampel berjumlah 15 siswa. Penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen. Strategi penelitian ini menerapkan Non-Equivalent Pretest Posttest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Paired Sampel T-test. Berdasarkan hasil Uji paired sample t-test terlihat bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 . Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikan antara Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brain Gym untuk mengatasi Burnout Syndrome pada siswa kelas XI di SMK Pelita Bangsa Sumberlawang.
Copyrights © 2024