Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip Total Quality Management dalam lembaga pendidikan Islam dan dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan mengkaji berbagai literatur terkait Total Quality Management, manajemen pendidikan, dan implementasinya dalam konteks pendidikan Islam. Latar belakang penelitian ini berangkat dari tantangan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tengah berbagai keterbatasan, baik dalam hal sumber daya manusia, fasilitas, maupun manajerial. Penelitian ini membahas lima prinsip utama Total Quality Management, yaitu pendekatan berbasis proses, perbaikan berkelanjutan, partisipasi total, kepemimpinan yang kuat, dan fokus pada pelanggan, serta bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat diintegrasikan dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip Total Quality Management dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pengajaran, administrasi, serta fasilitas pendidikan, meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya, seperti resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan sumber daya.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025