At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 5 No 1 (2025): At-Tadbir

PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Zulfa, Eva (Unknown)
Halimatuzzahrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip Total Quality Management dalam lembaga pendidikan Islam dan dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan mengkaji berbagai literatur terkait Total Quality Management, manajemen pendidikan, dan implementasinya dalam konteks pendidikan Islam. Latar belakang penelitian ini berangkat dari tantangan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tengah berbagai keterbatasan, baik dalam hal sumber daya manusia, fasilitas, maupun manajerial. Penelitian ini membahas lima prinsip utama Total Quality Management, yaitu pendekatan berbasis proses, perbaikan berkelanjutan, partisipasi total, kepemimpinan yang kuat, dan fokus pada pelanggan, serta bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat diintegrasikan dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip Total Quality Management dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pengajaran, administrasi, serta fasilitas pendidikan, meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya, seperti resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan sumber daya.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

attadbir

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

At Tadbir: Journal of Islamic Education Management which is open-access for anyone who will contribute as a writer or reader. Our journal is focused on research results and critical analysis reviews of various reference books. This journal is published twice a year, namely January-February and ...