Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Advance Organizer pada materi Office. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Penelitian ini berlangsung pada Januari 2023 dengan subjek penelitian sebanyak 34 siswa kelas X OTKP di SMK Persiapan Padang Tualang. Hasil belajar dianalisis berdasarkan post-test dan observasi. Berdasarkan hasil tes kemampuan belajar pada siklus I, ditemukan bahwa penguasaan siswa terhadap Microsoft Office masih tergolong rendah. Dari 34 siswa, hanya 20 siswa (59%) yang mencapai ketuntasan belajar, dengan rata-rata nilai sebesar 51,47. Namun, pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Dari 34 siswa, sebanyak 30 siswa (88,23%) berhasil mencapai ketuntasan belajar, dengan rata-rata nilai meningkat menjadi 87,8. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Advance Organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif. Sebelum penerapan model ini, tingkat ketuntasan belajar kognitif siswa hanya 11%. Setelah diterapkan, persentase ketuntasan meningkat menjadi 59% pada siklus I dan terus bertambah hingga mencapai 88,23% pada siklus II.
Copyrights © 2024