Nusantara Educational Review
Vol 3 No 1 (2025): Nusantara Educational Review

Implementasi Pendidikan Inklusi di Anak Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Anak Berkebutuhan Khusus

Ningrum, Dina Anjani (Unknown)
Hamzah, Febriyanti Sonia (Unknown)
Hikmah, Nurul (Unknown)
Magfiroh, Siti Lailatul (Unknown)
Rizqiyah, Zayyana Alfi (Unknown)
Asitah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan utama dan merumuskan solusi strategis dalam penerapan pendidikan inklusi di tingkat sekolah dasar melalui pendekatan systematic literature review (SLR) terhadap publikasi dalam satu dekade terakhir. Hasil kajian mengidentifikasi tiga tantangan utama yang saling terkait, yaitu keterbatasan alokasi anggaran, rendahnya kompetensi guru dalam menangani ABK, serta rendahnya tingkat penerimaan masyarakat terhadap konsep inklusi. Sebagai kontribusi baru, penelitian ini menawarkan rekomendasi berupa peningkatan alokasi anggaran, pengembangan program pelatihan guru yang berkelanjutan, dan kampanye edukasi publik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kebijakan yang lebih komprehensif guna mendukung implementasi pendidikan inklusi secara efektif di Indonesia. This study aims to analyze the main challenges and formulate strategic solutions for implementing inclusive education at the elementary school level through a systematic literature review (SLR) approach to publications in the last decade. The study's results identified three main interrelated challenges: limited budget allocation, low teacher competence in handling children with special needs, and low levels of community acceptance of the concept of inclusion. As a new contribution, this study recommends increasing budget allocation, developing sustainable teacher training programs, and public education campaigns to raise public awareness. These findings provide important implications for developing more comprehensive policies to support the effective implementation of inclusive education in Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Nusantara Educational Review (NER) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Jurnal ini diterbitkan dalam versi online dengan akses terbuka dan unduhan gratis. NER menerbitkan artikel penelitian pada ...