Nusantara Educational Review
Vol 3 No 1 (2025): Nusantara Educational Review

Strategi Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Luar Jam Sekolah: Peran Guru dan Orang Tua dalam Era Digital

Nizar, Ahmad Rofiun (Unknown)
Putra, Ahmad Satriani Zamroni (Unknown)
Al-Fawwaz, Azzam Chilmi (Unknown)
Anggriani, Fitri Lusi (Unknown)
Damayanti, Zainina Auliya (Unknown)
Asitah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pengembangan karakter di luar jam sekolah serta mengeksplorasi peran guru dan orang tua. Menggunakan metode systematic literature review (SLR) dengan protokol PRISMA, artikel ini menganalisis literatur terkini dari Google Scholar (2020–2025) yang relevan dengan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan positif, keteladanan, dan kegiatan ekstrakurikuler, seperti Pramuka, efektif dalam menanamkan nilai kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama. Kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat terbukti menjadi kunci keberhasilan pengembangan karakter. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam aktivitas non-formal dan menawarkan panduan praktis bagi pendidik dan orang tua untuk menghadapi tantangan pendidikan karakter. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya penguatan sinergi multi-pihak dalam mendukung pembentukan karakter anak, yang tidak hanya membekali mereka dengan nilai moral tetapi juga mempersiapkan generasi yang berintegritas menghadapi tantangan zaman. This study aims to analyze character development strategies outside school hours and explore the roles of teachers and parents. Using the systematic literature review (SLR) method with the PRISMA protocol, this article analyzes the latest literature from Google Scholar (2020–2025). Study results indicate that positive habits, role models, and extracurricular activities, such as Scouting, effectively instill relevance to character education. The study results indicate that positive habits, role models, and extracurricular activities, such as Scouting, effectively instill the values ​​of honesty, responsibility, and cooperation. Collaboration between schools, families, and communities has proven to be the key to successful character development. This study provides a new contribution by integrating character education into non-formal activities and offers practical guidance for educators and parents to face the challenges of character education. The implications of this study highlight the importance of strengthening multi-party synergy in supporting children's character formation, which not only equips them with moral values ​​but also prepares a generation with integrity to face the challenges of the times.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Nusantara Educational Review (NER) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Jurnal ini diterbitkan dalam versi online dengan akses terbuka dan unduhan gratis. NER menerbitkan artikel penelitian pada ...