Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang kemampuan matematis yang berupa penyelesain masalah matematis dengan disposisi matematis sebagai peninjaunya. Penelitian ini dikonsepkan dengan menggunakan pendekatan systematic literature review (SLR). Dengan metode PRISMA total didapatkan 50 artikel yang diidentifikasi melalui database seperti Google Scholar, Researchgate, Garuda, Scopus, Eric dan Science Direct dengan ketentuan artikel berada pada rentan tahun 2014-2024. Sebanyak 15 artikel terpilih dengan mempertimbangkan kriteria ingklusi yang berupa subjek penelitian dan metode penelitian. Artikel difilterisasi mengunakan sofware VOS Viewer untuk melihat sebaran trend penelitian pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan penyelesain masalah siswa. Penelitian ini lebih menyoroti penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Proses analisis ini melibatkan pengamatan beberapa metode pembelajaran, fokus konteks, dan treatment yang diberikan. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi guru dalam meningkatkan pendidikan matematika di Indonesia dan bagi siswa tentunya meningkatkan kemampuan matematis khususnya kemampuan penyelesaian masalah, sekaligus memberikan dasar bagi peneliti untuk memperdalam kajian tentang Analisis kemampuan penyelesaian masalah siswa.
Copyrights © 2025