Pemilihan metode pembelajaran yang tepat memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Di SMA Budi Mulia Telukjambe Karawang, terdapat permasalahan rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa terhadap teks cerita pendek, yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional dan kurangnya inovasi dalam strategi pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI pada materi teks cerita pendek selama Tahun Ajaran 2024/2025. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas XI 2 dan XI 3. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental, khususnya Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini, kedua kelompok diuji sebelum dan sesudah perlakuan. Kelas XI 2 berfungsi sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), sementara kelas XI 3 sebagai kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh dari pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji statistik parametrik, seperti uji t (t-test) untuk menentukan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Uji normalitas dan homogenitas varians juga dilakukan untuk memastikan asumsi statistik terpenuhi sebelum melakukan uji t. Analisis ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode SQ3R dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional . Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Rata-rata skor pretest-posttest untuk kelas kontrol adalah 46,27 dan 61,70, sedangkan untuk kelas eksperimen mencapai 57,65 dan 84,32. Peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol didukung oleh analisis uji t posttest yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari alpha penelitian sebesar 0,05. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang mengindikasikan bahwa metode SQ3R memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman materi teks cerita pendek. Metode SQ3R terbukti lebih efektif dalam aspek identifikasi tokoh, alur, dan latar dibandingkan dengan aspek lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025