Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Edisi Februari 2025

ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SEKOLAH DASAR

Rizkyutami, Berlia (Unknown)
Hakim, Lukman (Unknown)
Lefudin, Lefudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran make a match pada materi alat gerak hewan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian yang digunakan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada guru dan siswa kelas V A. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V A SD Negeri 69 Palembang yang berjumlah 20 orang siswa dan satu guru kelas. Berdasarkan hasil yang dilakukan melalui observasi didapatkan hasil data observasi yang diamati peneliti pada saat guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPA rata – rata nilai hasil aktivitas belajar siswa yaitu 76,78% atau termasuk dalam kategori tinggi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPA diperoleh hasil sebesar 76,05 dengan demikian rata – rata tersebut terdapat pada interval 75 – 84 yang termasuk dalam  kategori tinggi, sedangkan hasil wawancara diperoleh informasi dari guru kelas V  A SD Negeri 69 Palembang hasil belajar siswa sudah diatas KKM, yaitu 70.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...