Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Edisi Februari 2025

EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Nur Janah, Maulida (Unknown)
Susilo Reni, Dewi (Unknown)
Siyam Wulandari, Nur (Unknown)
Musayadah, Binti (Unknown)
Yusuf Maulana, Rahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas permainan ular tangga sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II MI PSM Bendo Barat pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI PSM Bendo Barat yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Observasi, 2) Angket Motivasi, 3) Wawancara, 4) Hasil refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Peningkatan hasil motivasi belajar siswa dapat dilihat setiap tahapnya. Pada tahap pra tindakan, menunjukkan bahwa hanya 33,33% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Pada siklus I, menunjukkan bahwa persentase siswa dengan motivasi tinggi meningkat, yaitu menjadi 67,64%. Pada siklus II, menunjukkan bahwa persentase siswa dengan motivasi belajar tinggi meningkat lagi, yaitu menjadi 84,48%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...