Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Edisi Februari 2025

IMPLEMENTASI EXPRESSIVE WRITING SEBAGAI SARANA REGULASI DIRI DAN PENYALURAN EMOSI PADA SISWA KELAS IV DI SDN MLAJAH 2 BANGKALAN

Anggun Fauziah, Nur Rochmah (Unknown)
Rozie, Fachrur (Unknown)
Rukmiyati, Rukmiyati (Unknown)
Koesmini, Astien Diena (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknik expressive writing sebagai sarana regulasi emosi dan penyaluran perasaan pada siswa kelas IV di SDN Mlajah 2 Bangkalan. Teknik ini diterapkan dalam dua sesi berbeda pada tanggal 7 November 2024 dan 14 November 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk memahami pengalaman siswa dalam mengungkapkan perasaan mereka melalui tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% siswa merasa lega setelah mengikuti kegiatan expressive writing, 30% siswa merasa sedih karena mengingat peristiwa menyakitkan, dan 94% siswa merasa senang dengan kegiatan love letter, yang meningkatkan dukungan sosial antar siswa. Penerapan teknik ini memberikan dampak positif terhadap regulasi emosi siswa dan memperkuat hubungan sosial di antara mereka. Berdasarkan hasil ini, expressive writing dapat menjadi alternatif yang efektif untuk mendukung kesehatan mental siswa, khususnya dalam membantu mereka menyalurkan perasaan yang sulit diungkapkan secara verbal. Penelitian ini menyarankan agar teknik expressive writing dapat diterapkan lebih luas di sekolah-sekolah sebagai bagian dari pengembangan emosional dan kesejahteraan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...